Pelepasan KKM Tematik dan Kebangsaan Untirta Tahun 2021

Serang, Untirta (16/7) – Untirta melaksanakan pelepasan KKM Tematik dan KKM Kebangsaan Tahun 2021 secara daring. Sebanyak 1.143 mahasiswa peserta KKM Tematik dan 5 peserta KKM Kebangsaan dari Untirta beserta Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) hadir pada kesempatan tersebut. Tema KKM tahun ini yaitu “Kreatif membangun daerah melalui pemanfaatan teknologi”.

Koordinator Pusat (Korpus) Pengelolaan dan Pengembangan Kuliah Kerja Mahasiswa (KKM) dan Pengabdian pada Masyarakat Untirta Suwaib Amiruddin menyampaikan bahwa peserta KKM Untirta Tematik Reguler 2021 sebanyak 1.143 peserta yang dinyatakan memenuhi administrasi. Selain itu tahun ini Untirta diberikan kesempatan untuk mengirimkan 5 orang delegasi yang telah melewati seleksi yang akan diselenggarakan di Provinsi Jambi untuk mengikuti KKM Kebangsaan dan Pembekalan Duta Perubahan Perilaku kerjasama Untirta dengan Pengurus Pusat Satgas Covid-19. “Tahun ini juga Untirta bekerjasama dengan Satgas Covid-19 untuk menjalankan program gerakan duta perubahan perilaku”. Terangnya.

Lanjut Suwaib  bahwa pelaksanaan KKM Tematik Reguler Tahun 2021 dilaksanakan secara online dari tanggal 16 Juli hingga 18 Agustus 2021 di pusatkan di Provinsi Banten. Program dijalankan semuanya berbasis dalam jaringan (daring) dan tidak ada program kegiatan yang dilakukan secara bertatap buka atau secara langsung ke lapangan. “semua peserta dan dosen pembimbing lapangan harus mematuhi aturan yang dikeluarkan oleh LPPM dan panitia pelaksana agar semua sisitem dapat berjalan dengan baik.’ Tegasnya.

Suwaib juga berpesan agar peserta mampu mengeksistensikan diri sebagai duta gerakan perubahan perilaku. “Kita harus membantu pemerintah dalam menyadarkan pada semua masyarakat yang bisa dijangkau secara online agar dapat patuh terhadap aturan pemerintah dalam memutus mata rantai dan mencegah penyebaran virus Covid-19”.

Dalam kegiatan penglepasan ini kita mendapatkan tamu dari satgas covid 19, “Dewan Pengurus Pusat Satgas Penanganan Covid19 Sonny Harry B. Harmadi beserta tim akan memberikan materi tentang duta gerakan perubahan perilaku yang akan menjadi bekal peserta selama menjalankan kegiatan di lokasi”, ujarnya.

Ketua LPPM Untirta Rusmana,menegaskan bahwa Untirta siap melaksanakan mandat untuk duta gerakan perubahan perilaku dari satgas covid19 pusat. “Saya mengapresiasi seluruh kinerja panitia atas usaha kerasnya dalam melaksanakan KKM pada tahun ini”, ujarnya. Ia menambahkan bahwa seluruh masyarakat harus serius dalam penanganan covid19 khususnya pada era PPKM saat ini. “Nanti setelah dilepas oleh Rektor, masih ada materi gerakan perubahan perilaku, otomatis seluruh peserta kkm adalah sebagai duta perubahan perilaku khususnya dalam penanganan covid19”, imbuhnya. Ia juga menambahkan bahwa komunikasi dan kreatifitas di tuntut di era saat ini seperti permintaan informasi awal meminta contak person Desa, dll. “Kami mengucapkan terimakasih atas dukungan dari sivitas akademika Untirta untuk mensukseskan kkm ini”, ujarnya.

Rektor Untirta H. Fatah Sulaiman mengatakan bahwa ini merupakan pembuktian kontribusi dari Untirta dalam memberikan solusi bagi masyarakat dalam mengjadapi covid 19. ” Peserta KKM diharapkan memberikan pencerahan kepada masyarakat terkait PPKM dan pemanfaatan teknologi informasi”, ujarnya. Ini merupakan contoh kecil yang dapat dilaksanakan di lokasi KKM. “Kehadiran Untirta Jawara lewat media KKM tematik dan kebangsaan ini menjadi pembuktian mampu memberikan solusi bagi masalah yang ada di masyarakat”, imbuhnya. Untirta hadir untuk Banten, Nusantara dan Dunia.

Wahyudin perwakilan peserta KKM kebangsaan menyampaikan bahwa sudah berkoordinasi dengan peserta yang lain dan dengan Kampusnyang ada di Provinsi Jambi untuk prlaksanaan KKM Kebangsaan. “Mohon do’anya bagi kami delegasi Untirta Banten dapat memberikan dampak dan manfaat positif dalam melaksanakan KKM Kebangsaan ini”, harapnya.

Dian Permata Sari peserta KKM Tematik menyampaikan bahwa sudah berkoordinasi dengan Desa, kendalanya terkait jaringan di desa saja.

Sonny Harmadi Satgas covid19 menyampaikan bahwa gerakan duta perubahan prilaku bertugas menjadi teladan, mampu mengedukasi masyarakat, membantu posko Desa posko Kelurahan untuk membuat bahan edukasi covid19, dan melaporkan di apkikasi yang telah disediakan. “Manfaatkan juga instagram @satgasperubahanperilaku sebagai bahan edukasi perubahan perilaku masyarakat”, ujarnya. Intinya kita mencegah masyarakat Indonesia jangan sampai tertular covid19. (Angga Untirta/ Humas SAF)