STISIP Setiabudhi Rangkasbitung adakan PKM

Lebak (29/1), STISIP Setiabudhi Rangkasbitung melangsungkan acara serah terima Mahasiswa yang melaksanakan Praktek Kerja Mahasiswa (PKM) yang dilaksanakan di aula kantor Kecamatan Gunung Kencana.

Dalam laporan ketua Pelaksana, Dr. Harits Hijrah Witcaksana menyampaikan bahwa peserta PKM ini diikuti oleh mahasiswa semester tujuh yang berjumlah 105 orang peserta yang tersebar pada lima Desa di Kecamatan Gunung Kencana, diantaranya adalah Desa Gunung Kencana, Desa Gunung Kendeng, Desa Kramat Jaya, Desa Cimanyangrai dan Desa Ciginggang. Kegiatan ini akan dilaksanakan selama tiga minggu kedepan, yang berakhir tanggal 19 Februari 2018. PKM STISIP Setiabudhi tahun 2018 mengusung konsep pemberdayaan dan partisipasi masyarakat Desa, ideologi Pancasila, dan kemadirian Desa. Mahasiswa yang mengikuti mata kuliah wajib skripsi ini diharapkan mampu mendorong kesadaran sosial masyarakat dalam berbagai aspek, sehingga kedatangan mahasiswa STISIP Setiabudhi dapat memberikan dampak baik.
“Mahasiswa harus bisa menjaga nama baik almamater dan keluarga, untuk itu kesadaran sosial penting dibangun, baik bagi mahasiswa yang mengikuti maupun masyarakat yang didampingi” ungkap Doktor termuda di Kabupaten Lebak ini.
Sementara itu, Ketua STISIP Setiabudhi Rangkasbitung, Dr. Suwaib Amiruddin mengungkapkan bahwa kedatangan Mahasiswa yang melaksanakan PKM pada lima Desa di Kecamatan Gunung Kencana tersebut bisa belajar pada masyarakat bagaimana beradaptasi, kemudian dapat membagi pengalaman penimbaan ilmu di kampus bisa diterapkan pada masyarakat. “Penting aspek teori yang berkulminasi dengan aspek praktis. Disitulah pentingnya ilmu” katanya dalam sambutan.
Dr. Suwaib juga mengungkapkan sasaran yang ingin dicapai adalah berhasilnya pemberdayaan di Masyarakat, partisipasi masyarakat dalam pembangunan sosial, mampu menjaga ideologi Pancasila dan bisa memberikan saran yang tepat untuk kemandirian Desa.
“Prinsipnya PKM Stisip Setiabudhi adalah amanat daripada UU Sistem Pendidikan Tinggi, dimana Tri Dharma Perguruan Tinggi menjadi point penting, salah satu diantaranya adalah pengabdian pada masyarakat. Oleh karena itu PKM ini perlu diselaraskan dengan program pemerintah, diantaranya adalah pemberdayaan dan partisipasi masyarakat, penguatan ideologi Pancasila dan kemandirian Desa. Disinilah mahasiswa akan berkiprah secara praktis dalam masyarakat, tidak hanya bergulat dengan teori di dalam kelas” tandasnya.
Acara penyerahan Mahasiswa PKM STISIP Setiabudhi ini disambut dengan baik oleh Camat Gunung Kencana Jakaria Hartanto, Kapolsek Gunung Kencana dan seluruh Kepala Desa yang akan menjadi Desa penempatan peserta PKM Stisip Setiabudhi. Dalam sambutan Camat, Jakaria mengatakan bahwa Mahasiswa dapat memberikan perubahan pola berpikir masyarakat yang cenderung kolot, salah satunya yang disoroti oleh alumni IPDN tersebut adalah MCK.
“Saya datang ke Gunung Kencana menjadi Camat masih melihat warga yang dolbon dalam BAB, ini contoh saja, hal lain masih banyak lagi”
Jakaria berharap Mahasiswa dapat saling berbagi pengetahuan dengan stakeholder yang berada di Kecamatan Gunung Kencana, baik itu pihak Desa, tokoh masyarakat, maupun dengan pihak kecamatan, kepolisian dan koramil, karena menurutnya keseimbangan yang ada di lapangan akan sangat bisa membantu program kerja mahasiswa dalam melaksanakan PKM.